0
Sebuah tsunami yang ditimbulkan oleh gempa bumi di Kanada mengirimkan gelombang dan ketakutan ke Hawaii, ribuan kilometer jauhnya, di mana beberapa warga bergegas ke tanah yang lebih tinggi dan siap untuk dampak yang sengit.

Tapi tepat pukul 1 dini hari di Hawaii , peringatan tsunami untuk Hawaii dibatalkan, dan penasehat tsunami dimasukkan ke dalam tempatnya. Sebuah penasehat menunjukkan bahwa arus yang kuat atau gelombang yang berbahaya bagi mereka di atau sangat dekat air diharapkan, namun genangan tidak signifikan. 


Walikota Honolulu Peter Carlisle mengatakan orang-orang yang telah dievakuasi bisa kembali ke rumah mereka. CNN afiliasi Hawaii Berita, sekarang melaporkan bahwa itu terjadi bagi warga pesisir di berbagai belahan negara.

Sebelumnya, televisi lokal memperlihatkan gambar bumper-to-bumper lalu lintas di jalan yang mengarah dari pantai ke tempat yang lebih tinggi. Sekitar 80.000 orang tinggal di zona evakuasi di pulau Oahu, Honolulu di mana berada.


Gelombang pertama untuk memukul Honolulu tampaknya tidak lebih kuat dari biasanya. Tetapi para ilmuwan memperingatkan masyarakat untuk tidak tertipu oleh gelombang awal, yang seringkali tidak terbesar."Ini bukan hanya satu gelombang, itu adalah suksesi gelombang," kata Gerard Fryer, ahli geofisika senior di Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, wartawan. Dia mengatakan tsunami bisa berlangsung selama berjam-jam.


Hawaii Negara Pertahanan Sipil mengatakan Wailoa Harbor, di Big Island, pada satu titik melaporkan serangkaian 4-kaki gelombang setiap enam menit
.


Bahkan gelombang 3-kaki bisa membanjiri beberapa blok dari pantai, kata Fryer."Gelombang 3-kaki masuk ke saluran sempit dapat bangkit ke dinding vertikal, dan itu akan menjatuhkan Anda dan memukul Anda dan mungkin Anda tenggelam," katanya.


Baca perkembangan terbaru dalam blog hidup kitaTetapi ia mencatat bahwa tsunami tidak akan signifikan seperti gempa bumi dan tsunami yang menewaskan ribuan orang di Jepang pada bulan Maret 2011.


Peringatan tsunami telah datang pada waktu yang malang - ketika ribuan revelers dikemas jalan-jalan di Honolulu akhir Sabtu untuk festival Hallowbaloo tahunan.Banyak melarikan diri di tengah peringatan. 

"Anda tidak bisa benar-benar membedakan mana gelombang akan kemasan pukulan yang paling, dan kadang-kadang itu adalah, kedua, ketiga, atau bahkan yang terakhir," kata Carlisle, sementara peringatan tsunami berlaku. "Jadi semacam kecelakaan kereta api yang datang melalui, perlahan tapi pasti, dan Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki ide yang sangat baik bahwa yang terburuk adalah dengan Anda sebelum Anda mulai mengirim orang kembali ke daerah-daerah yang bisa terpengaruh."Bahkan Hawaii terbiasa dengan peringatan tsunami diselamatkan tidak berusaha dalam menguatkan untuk yang terburuk. 
Honolulu penduduk Victoria Shioi mengisi bathtub dengan air, mengatur kulkas ke pengaturan terdingin dan lilin berkumpul dalam kasus pemadaman air atau listrik."Juga didukung komputer saya dan meletakkan eksternal (hard drive) di brankas tahan air," kata Shioi. 
Tsunami diawali oleh gempa yang cukup besar di barat British Columbia, memicu peringatan tsunami lokal. "A (besar) 7,7 adalah gempa besar, dan kuat - bukan sesuatu yang bisa diabaikan," kata Fryer. "Ini pasti akan melakukan beberapa kerusakan jika sudah di bawah kota."Sebaliknya, gempa terjadi sekitar 139 kilometer (86 mil) selatan dari Masset di British Columbia Queen Charlotte Islands. Tidak ada kerusakan besar dilaporkan.Tsunami Warning Center Alaska mengeluarkan peringatan untuk barat British Columbia dari Vancouver ke panhandle selatan Alaska.Kanada jauh seperti Prince Rupert, di daratan British Columbia, merasakan gempa.Tanya Simonds mengatakan ia merasa seolah-olah rumahnya "meluncur bolak-balik di lumpur," tetapi tidak melihat kerusakan dari gempa.Shawn Martin berada di sebuah bioskop ketika gempa melanda."Itu hanya merasa seperti kursi bergerak. Rasanya seperti seseorang menendang kursi Anda," katanya.Martin mengatakan lebih dari seratus mobil menuju persimpangan populer di kota yang dikenal untuk tanah yang lebih tinggi. 
Ribuan mil melintasi Pasifik, penduduk di Hawaii melakukan hal yang sama."Sisanya di Pasifik tidak perlu khawatir, namun tidak Hawaii," kata Fryer.

Sumber

Post a Comment Blogger

 
Top